Kemampuan untuk mengubah ISO

Kemampuan untuk mengubah ISO pada kamera digital memberikan kesempatan fotografer profesional (dan amatir, jika dia cukup tahu tentang teknologi) untuk membuat gambar berkualitas hampir di mana saja dan kapan saja.

Singkatnya, teknologi ISO menggantikan ASA lama pada kamera yang membutuhkan film. Dengan model lama kami, kami harus mengganti film dengan ASA yang berbeda jika kami menginginkan kecepatan film yang berbeda. Sekarang, kamera digital kami memungkinkan kami untuk mengubah ISO pada menu pengaturan dengan memutar tombol. Tidak ada perubahan film yang diperlukan, dan gambar disimpan di kartu memori terlepas dari pengaturan ISO.

Kamera digital menggunakan sensor gambar alih-alih film, dan ISO (Organisasi Standar Internasional) hanya menunjukkan seberapa sensitif sensor gambar terhadap jumlah cahaya yang ada. Jika ISO diatur pada tingkat tinggi, misalnya, sensor gambar lebih sensitif dan gambar dapat diambil dalam cahaya yang relatif sedikit. Di sisi lain, pengaturan ISO yang lebih rendah digunakan saat lebih banyak cahaya tersedia.

Sebagian besar kamera digital saat ini memiliki mode ‘ Rebahin‘, yang secara sederhana berarti kamera akan memilih ISO yang lebih tinggi atau lebih rendah, tergantung pada cahaya yang tersedia. Untuk kebutuhan amatir akan kemudahan penggunaan dan kualitas gambar, mode otomatis bekerja paling baik jika tidak sepanjang waktu. Namun fotografer profesional perlu belajar memilih ISO secara manual untuk gambar berkualitas.

Jika Anda tidak bergantung pada mode ‘ISO Auto’, pengukur cahaya pada kamera memberi tahu Anda kapan Anda perlu mengubah ISO. Jika tidak ada cukup cahaya untuk eksposur yang baik, Anda memiliki pilihan untuk menggunakan mode flash atau mengubah ISO. Menggunakan flash mungkin merupakan pilihan terbaik untuk eksposur yang baik. Di sisi lain, jika Anda berada di museum atau fasilitas yang tidak mengizinkan fotografi blitz, Anda selalu memiliki opsi untuk memilih pengaturan ISO berikutnya yang lebih tinggi dan kecepatan rana yang lebih cepat. Menyesuaikan ISO biasanya memerlukan penyesuaian kecepatan rana dan bukaan.

Jika Anda memiliki lebih banyak cahaya daripada yang Anda butuhkan dan dalam bahaya memutihkan foto, menurunkan ISO akan menurunkan sensor gambar dan eksposur lebih cenderung menghasilkan kualitas yang baik. Sekali lagi, tergantung pada apa yang ingin Anda ambil dalam foto, Anda mungkin juga perlu menyesuaikan kecepatan rana dan f-stop (bukaan).

Pesan kami dalam diskusi ini adalah bahwa memahami ISO dan mengembangkan kemampuan untuk menyesuaikannya tergantung pada pemandangan yang Anda potret adalah alat lain yang berharga di tas kamera Anda. Menyesuaikan ISO secara tepat dengan keadaan cahaya sama dengan kualitas gambar yang baik.

Leave a Comment